Sunday, May 28, 2006

-043. Telephone Iseng

"Yan, Eni telphone....." Huh, iseng banget pagi2 gini hari minggu pula, argh... masih jam 8 eh atw dah jam 9...
"Ya Ma, bentar"
Mama akan terus mengetuk kalau saya tidak menyahutinya.
Beberapa menit kemudian....
"Ya Ni, ada apa?"
"Wah loe masih tidur yach Ncie? ganggu yach?"
ih... basi banget saya hanya tertawa basa basi juga...uh...
"Ncie lagi nonton Good morning ngak? itu acara di... coba deh loe liat" Ih apaan lagi sich apa jgn2 ada salah satu temen saya dan dia (kita) yang kena musibah di Jogya, atau.... tanpa pikir panjang...
"Bentar ya Ni, Pah, maaf boleh pindah channel ke 8 dulu ngak? itu ada Goodmorning, sebentar aja. Makasih ya Pah. Ni, kok? ada apaan sich" Saya Bingung apa lagi ayah saya.
"Oh udah yach... Nah sekarang loe liat donk Indah Kalalo"
"Heh, apaan?"
"Perhatiin dengan bener donk...."
"Huh... sebel dah tau dech gw.... dasar"
"Apaan emangnya ha..ha..ha.."
"puas... gw tau dech... sesuatu yang loe pake pas resepsi asih kan... huh gw kira apaan..."
"he..ha..ha...ha... emang apanya? jgn kesel gitu donk."
"Huh.. najos bgt sich... bajunya kan????"
"Yak... jadi loe tau lah maksud gw..." Uh..narcisnya kumat dengan kata lain dia cuma mo ngasih tau klo ternyata dia bisa jadi trend setter juga... ugh... pls.. NI.. itu cuma kaos bukan dandanan.. huh... sebel....damn...
"Duasar..jadi loe telephone gw pagi2 cuma urusan baju ntu...heh.. sedih bgt sich gw..."
"Ha..ha..ha.. jgn gitu lah.. udah dulu yach.. gw mo memberitahu yang lain lagi..."
"Huh.. sebel... enak aja loe... ngak ah masak nelpphone cuma gitu doank"
"Dah yach Dagh...". "klik"
Huh.. Tu anak klo dateng nyebelinnya... sewenang wenang.... awas yach....tapi bukannya seumur2 blom pernah bisa ngebales nich anak.... kecuali saat.... ah udah ah... Dasar Gembel... huh.... iseng banget. :(

-042. Condolence for Yogya

Sabtu Pagi, 27 Mei 2006, jam 5.55, Yogya di guncang Gempa berkekuatan 5.9 skala Richter. Korban jiwa berjatuhan. Saya Turut Berduka Cita dan Berbela Sungkawa untuk seluruh masyarakat yang terkena Musibah disana.
Sedih jelas sedih, karena keluarga dari Ibu saya juga banyak tinggal disana. Kepanikan juga mewarnai rumah orang tua saya, karena kakak beliau tidak bisa dihubungi, baik telphone rumah, maupun HP seluruh anggota keluarganya. Ibu saya juga mencoba menelphone kakaknya yang di solo, namun nada sibuk saja yang terus terdengar di line telephone, sampai akhirnya tersambung, Di solo smua baik2 saja, hanya getarannya memang cukup kuat, Kalu di Jogya Kaca Rumah hampir seluruhnya pecah, dan dinding juga banyak yang retak (pantas, soalnya mandala krida yang letaknya ngak terlalu jauh saja hancur gitu) tapi Alhamdulillah mereka selamat semua. Tapi kabar dari Sleman, Depok dan Purwokerto, tempat pesantren adik saya blum ada kabar & ngak bisa dihubungi. Ibu saya mencoba sampai menyerah dengan sendirinya. Akhirnya minggu pagi Ibu saya mencoba mencari berita lagi dengan menelphone ke Solo. Alhamdulilah, meski Rumah rusak tapi semua selamat di Sleman, rumah atapnya hancur & tetangga kanan kiri sudah rata dengan tanah, Tapi adik saya tetap tidak bisa dihubungi, hingga akhirnya setelah jam 10 pagi akhirnya dia yang telphone ke rumah. alhamdulillah Kak, tapi dari sini Merapi kelihatan ngeluarin kayak asep gitu banyak banget Kak, Tapi insyaallah jauh sich, tapi masih bisa kelihatan sich. Ngak usah khawatir insyaallah baik2 aja. bla...bla...bla percakapan kurang lebih 5 menit selesai klik.
Alhamdulillah smua selamat, meski kondisi mereka sendiri blom jelas banget, Saya melihat mata ibu saya kadang berkaca2 kalau sedang menonton berita di Televisi.
Semoga para korban bisa tabah dan keluar dari trauma. Allah hanya Kau yang Maha Tahu batas kemampuan hambaMu dalam menerima stiap ujian yang Kau berikan. Bukankah janji Allah selalu benar.

Saturday, May 27, 2006

-041. Very...very...Long...Weekend

Klik, klik, klik, dah lama ngak browsing internet, untuk liat2 situs games dan bahasa Ingris untuk Anak2.
Kenapa Yach? entah lah tiba2 saja kangen ngajar anak2 lagi, hm... atau mungkin karena telphon dari Mba' Zya kemarin?
Libur 4 hari tanpa rencana kecuali jum'at mau ke pameran buku plus nonton. Akhirnya seperti biasa mengeluarkan novel yang belum dibaca, mendengarkan radio, dan tidur :P tapi belum juga terlaksana semua, sejumlah anak kecil mengetuk pintu kamar saya beberapa kali, terdengar juga suara ibu saya dari depan dan mereka juga beberapa kali memanggil nama kecil saya.
hei ada apa nich... kok tumben mainnya jauh banget sampai ke sini. Akhirnya dengan langkah berat saya membuka pintu kamar naik apa kalian? mereka tertawa dan menunjuk kedepan rumah saya, sementara saya melihat kedepan ibu saya membuatkan syrup untuk tamu2 kecil ini. Heh.... saya jadi ingat games dan materi yang masih saya simpan di PC kantor.kenapa mereka ngak ngasih tau dulu sich saya mengerutu dalam hati, saya tau mereka datang mau belajar bahasa inggris seperti dulu.
Saya mulai mengeluarkan se plastik besar mainan, dari mulai puzzle gambar sampai huruf saya suruh mereka pilih mau main yang mana. kok ngak bilang2 sich Feb kalu mau ke sini. Mereka hanya tertawa dan menjawab panjang lebar kok malah cerita... saya tertawa. Oh iya saya ingat beberapa materi sisa photocopy yang dulu masih sisa.
Akhirnya setelah mereka bosan mewarnai dan mengeja, akhirnya mau juga pulang. hah.. lumayan dari jam 8an sampai hampir jam 12. Kalau mau dateng lagi jangan besok yach. Mba Yan mau pergi, sabtu atau minggu aja yach. akhirnya mereka pulang... berarti bisa istirahat lagi..... besoknya di jam yang lebih pagi, mereka membuat saya lebih terkejut, mereka datang dalam jumlah yang lebih banyak... gosh... antara kaget dan tidak yang jelas ngak siap iya. saya sms mpok dan memberitahu kalau saya telat, karena anak2 ini disuruh pulang jam 10an sepertinya keberatan. Akhirnya selesai juga jam 10.30, dan mereka janji akan kembali ke rumah saya besok. Senang memang bisa ngajar anak2 meski kadang sebal juga kalau mereka sudah mulai ngambek. Tapi justru itu yang bikin saya selalu kangen mengajar mereka. Ternyata kangen saya terobati, meski saya percaya belum tentu sabtu mereka akan datang. Tapi mengajar malah jadi seperti kepuasan sendiri bagi saya. Meski teman2 saya selalu bilang dan meragukan kemampuan mereka sendiri untuk mengajar, tapi saya percaya semua bisa melakukannnya, asal ikhlas dan memang senang.
Jadi kembali mengingat pertama kali menghandle mereka, antara gemas dan tidak sabaran memang, tapi sejak bergabung di suatu tempat di tebet beberapa tahun silam, saya mulai menikmati kepolosan, kelucuan dan kenakalan mereka, tapi kejujuran dan kepolosan mereka lah yang benar2 membuat saya kangen. Jadi ingat gadis kecil tomboy bersama 4 kawan lelakinya. Anak yang ngak pernah saya lupakan, seperti lelaki, karena selalu sekelas dengan anak lelaki. Kangen tebak2an konyol mereka dan suara derak roda kursi di ruang tunggu yang biasa mereka buat untuk bermain sembari menunggu kelas dimulai atau jemputan yang belum datang.
Lagi...lagi... semua terasa ngangenin dan berharga kalau dah ngak ada. Miss you all my little friends. Paling ngak liburan 4 hari ini ngak sia2, meski tanpa rencana, tapi toh menyenangkan juga.

Monday, May 22, 2006

-040. Anak Jalanan

Norm, lagi ngapain? sibuk ngak?
Hei... ms. Zy, ada apa nich?
Ngak kemaren gw abis main ke rumahnya Iba, yach memenuhi undangan sich. Dia nanya2 kurikulum gitu. Dia nawarin gw produk pendidikan ..bla..bla..bla.. jadi intinya menurut Iba untuk dapet produk itu dengan murah kita harus kerja sosial gitu.
Tapi klo gw tangkep ngak gitu dech. Lagi pula kalau mau jalanin rencannya diakan juga butuh dana juga. taruhlah yang ngajar anak jalanan itu mau ngak dibayar, tapi untuk biaya lain2nya?
Nah itu dia, pikiran loe ma gw sama tuch. Makanya kenapa juga gw telp elo, soalnya loe kan pernah ngelakuin hal ini.
Tapikan ngak sepersis itu lah ms.

Iya sich tapi paling ngak memang persepsinya harus disamain, nah gw ma elo dah sepikiran nich, tapi Iba kayaknya ngak kepikiran sampai kesitu.
Heh, beda kali pola pikirnya Mis. Kalo cuma disuruh bantu ngajar sich oks aja tuch. Gw juga lagi cari2 kesibukan baru nich
Oh ya udah nti gw tanya lebih jelasnya lagi. besok gw mo kesana lagi, mo bedah buku. oks dey Norm assalamu'alaikum.
Wa'alakumsalam...
"klik"


Kalau memang rencana mereka bisa kelaksana wah senang banget pasti, saya membayangkan tantangan yang akan dihadapi baik guru maupun anak2 itu.
Degh... apa bisa? Tiba2 saja saya seperti disadarkan pada kenyataan yang membuat saya trenyuh. Saya ingat anak2 kecil yang sering saya jumpai dilampu merah, ngak hanya kecil, mereka memang masih balita ada yang setengah diseret kakaknya ketika sedang berjalan, menyerbu kesetiap angkot yang berhenti karena rambu lalulintas itu. Kejadian paling baru adalah kemarin sore, sehabis pulang mengambil plakat, entah anak laki2 atau perempuan berusia 7-9 thn menarik adiknya yang masih sangat kecil, saya memperkirakan usianya masih dibawah 3 thn untuk naik ke angkot yang saya tumpangi. Saya meringis, dan supir angkot yang saya naiki mengusir anak itu, dan anak itu membalas makian si supir dengan kata2 kotor. Hiks, sedih banget, tiba2 syukur saya dalam hati karena Allah memberikan saya kehidupan yang lebih baik, orang tua yang selalu memperhatikan saya. Saya berfikir kemana orang tua mereka? Saya juga masih merekam sebuah acara malam yang mengulas tentang anak2 jalanan ini dalam otak saya. Disana disebutkan dalam satu tahun ini saja angka mereka telah meningkat 400%, waw. Bukan suatu prestasi bagi pemerintah. Ada lagi, entah sama atau anak yang beda yang memaksa masuk ke angkot yang saya naiki, semua orang di dalam angkot menahan nafas kesal, hey kasih tau bapakmu jangan bisa bikin doank, tapi ngurusin juga harus bisa donk, bapak di pojokan yang rada gempal itu nampak kesal manakala si kakak menarik2 & menyuruh adiknya untuk membagikan amplop ke penumpang.
Mereka berdua sama sekali ngak nyanyi tapi sang adik karena kesal menangis, kemana ibunya? nih dah, pada turun trus pulang sana. Supir angkot setengah marah sambil menyodorkan uang sepertinya selembar seribuan. guess what si batita seperti orang dewasa yang gerundel, dia mencibir orang2 yang mulai ngak sabar dan sebenarnya karena mereka ngak tahan melihat anak kecil tanpa sendal dan lusuh duduk dipinggir angkot, sedang kakaknya sama sekali ngak peduli.
Kalau saja saya bisa membantu mereka agar mereka tidak seperti itu, tapi siapa saya? yang ada saya nanti malah didamprat oleh ortu mereka atau parahnya lagi bos mereka.Karena yang saya tahu mereka di koordinir , dan saya pernah melihat ketika mereka turun beramai2 dari sebuah truk, pagi sekali waktu itu. Tapi ada juga sebagian dari mereka yang bilang menjadi anak jalanan itu memang pilihan mereka. heks.... mungkin mereka ngak sepenuhnya salah, tapi orang2 yang memanfaatkan mereka lah yang keterlaluan.

Sunday, May 21, 2006

-039 Teman & Belajar

Teman, saya mencoba mencari arti kata ini di internet, tapi terlalu banyak dan terlalu pusing untuk dicerna satu persatu. Entahlah saya merasa selalu saja memiliki siklus aneh, BOSAN. Kejadian di hari sabtu sepertinya membuat saya benar2 jengah dan letih, apa ini yang namanya teman? Senin ini jadi menyebalkan, kepala saya sakit entah mengapa. Klik, klik,klik, saya buka link blog ke teman saya, heh, blum ada yang baru, klik ke link yang ada di sana di blog ini saya dapat satu tulisan yang mengugah saya. Judulnya saya belajar, semoga orangnya ngak marah kalau saya cuplik karyanya sebelum dia bilang iya (saya ijin lewat coment aja), maaf yach abis tulisannya kena banget disaya.

Bagi saya hidup memang belajar. Belajar dalam dunia nyata. Kalau mau lihat lengkapnya tulisan si Abu Nawas (begitu dia menulis namanya) bisa klik di sini, karena saya hanya mencuplik saja mengambil yang pantas dan seharusnya saya sadari.

saya belajar,
Bahwa orang yang saya kira adalah orang yang jahat,
justru adalah orang yang membangkitkan semangat hidup saya kembali serta orang yang begitu perhatian pada saya...
Saya pernah mengalami hal ini, tapi saya ngak pernah mengangap kalau orang iini jahat, hanya menyebalkan, yach harusnya kata jahat diganti dengan menyebalkan. Ketika orang yang menyebut dirinya teman, meninggalkan saya dan memilih jalan aman, maka orang yang menyebalkan ini yang mau menolong saya, mengulurkan tangannya dan menawarkan sebentuk pertolongan yang sangat berarti untuk saya. Semenjak saat itu saya belajar untuk tidak membenci atau menjudge orang seenaknya.

Saya belajar,
Bahwa sebaik-baiknya pasangan teman/sahabat itu,
mereka pasti pernah melukai perasaan saya,
dan untuk itu saya harus memaafkannya...
Saya belajar,
Bahwa saya harus belajar mengampuni diri sendiri dan orang lain...
Kalau tidak mau dikuasai perasaan bersalah terus-menerus..

Kata pasangan saya ganti dengan teman/sahabat. Karena post saya kali ini mengenai mereka. Ya harusnya saya sudah belajar, dan kebal akan hal ini, ternyata saya masih sering merasa dilukai oleh mereka. Munkin mereka tidak sadar dan tidak tahu kalau sikap mereka kerap melukai saya, tapi apa itu salah mereka, heh... saya kalau ada rapor mungkin nilai saya merah untuk ke-2 pelajaran diatas. Saya memang harus lebih banyak belajar untuk dua hal diatas.

Saya belajar,
Bahwa dua manusia dapat melihat sebuah benda,
tapi kadang dari sudut pandang yang berbeda..

Saya belajar,
Bahwa saya harus memilih,
apakah menguasai sikap dan emosi,
atau sikap dan emosi yang menguasai diri saya...
Saya belajar,
Bahwa saya punya hak untuk marah,
tapi itu bukan berarti saya harus benci dan berlaku bengis...

Dalam berhubungan baik teman atau apapun namanya, belajar hal pertama adalah wajib, ketika saya menolak untuk belajar hal tersebut maka akibatnya adalah perselisihan pendapat yang akibatnya saling menyakiti. Dan untuk teman2 saya yang tidak setuju dengan pendapat saya dan merasa tersinggung terlebih lagi karena kejadian plakat di hari sabtu itu saya minta maaf. Karena sampai saat ini nilai saya dalam belajar menguasai emosi masih sangat rendah, sehingga sikap saya jadi tidak terkendali, kalau dibilang tidak mau kalah. Dan harusnya saya lebih belajar untuk hal itu, sehingga meskipun saya punya hak marah, jelas saya yang dirugikan oleh mereka, harusnya saya bisa tetap tenang dan ngak nyolot, sehingga tidak perlu ada perdebatan diangkot, tidak ada sms yang menyakitkan. Tapi toh smua sudah terjadi. Hati saya terlalu keras untuk dicairkan. Hingga pilihan untuk diam selalu saya pilih, bicara secukupnya dan menghindari mereka beberapa saat, hingga saya bisa menguasai diri saya sendiri. Seharusnya Angkuh & Sombong itu Hanya milik Allah, meski saya ngak merasa begitu, tapi saya takut orang2 menyangka saya begitu. Maaf untuk terakhir kali, saya sama sekali ngak bermaksud untuk menyakiti kalian belajar Ikhlas dan Memaafkan memang ngak akan pernah tuntas untuk saya.

Saturday, May 20, 2006

-038. The Davinci Code

-Deep Sight heh.....- Kecewong banget pas nonton filmnya. Heks.. ngak sekontroversi pokoknya ngak sebagus bukunya dech. Filmnya so amerika bgt, adegan seru pencarian grail kok terlalu over diwarnai sama action yang over. Oke lah ceritanya lebih diperhalus tapi kok... Kayak Fache itu kan ngak diungkapin klo dia itu anggota Opus Dei atau bukan, tapi di film, dari awal sudah di ungkapkan kalau dia anggota opus dei, yang jadi Silas juga kurang serem yang paling oke, actingnya cuma Tom Hanks.... Hmmm, Memoirs of Geisha juga lebih bagus bukunya.
Jadi males bikin review. yach cuma segitu aja dech, tapi kalau The Davinci Code aja di bikin film cuma segitu, saya yakin se yakin2nya ngak bakal ada tuch angel & demon versi the movienya.

Thursday, May 18, 2006

-037. Perempuan vs Lelaki

Obrolan disela pekerjaan, sembari mengetik & download data.

Iyud : Lagi ngerjain apa Ma, sibuk mulu, kalo kerjaan gw Cuma 2 minngu sekali nich, hehehe...Me : Huh.. ngomong lu...
Iyud : Ena sakit apaan? Trus ini kapan masuknya (dia menunjuk tempat disamping saya dengan cara mengoyang2kan kursi yang sedang iya duduki.)

Me : Senen sich katanya. Ya kagak tau lah.. bukannya suaminya temen loe. Eh Yud, loe ngak ada rencana nikah, nikah loe nti ditinggal baru rasa. Eh tapi loe dah pacaran berapa lama?

Iyud : Hehehe.. mau sich Ma, tapi uangnnya dari mana. Lagian gw blom lama kok pacaran baru 6 tahun.

Me : Tu..

Iyud : loe mo ngomong si Ena ma Ari yang nyaris ngak jadi karena kelamaan kan. Ah elu tuch.

Me : Tapi adek gw juga akhirnya ditinggal ma ceweknya, hehe..abis die kuliahnya lama sich. Oh iya sodara gw juga abis katanya hub ngak jelas mo kemana arahnya.

Iyud : Tapi ngak ampe mo bunuh diri kan? Tuch dirumah gw banyak...

Me : hah? Cowok tuch? Beneran? Ih adek gw ma sodara gw sich mending cari cewek lain. Agh… lo pasti bercanda masa sich serapuh itu?

Iyud : Ye, kalo dikasih tau. Serius tapi ngak pada mpe mati sich, selamet trus ada juga yang eror karena stres trus ditaro di rsj tapi kabur jalan kaki pula.

Me : ha..ha..ha... loe pasti boong. Kelewatan loe.

Iyud : Ye gw serius orang biasanya tuch anak kan ngak pernah nongrong eh pas kita2 lagi nongrong2 gitu dia ikut nyamperin trus duduk sambil ngerokok trus ngomong ngak jelas gitu. Ya… keknya rada2 konslet gitu.

Me : Wah yang bener, masa sich bukanya yang banyak jahat itu cowok, apa kata sepupu cowok gw bener klo cewek itu jauh lebih jahat daripada cowok. Hmmmmmm tapi ngak ah… cowok kan yang lebih banyak ngak punya perasaan ketimbang cewek.

Diam sesaat. Saya kembali ngetik.

Iyud : Sama2 lah tergantung yang ngejalaninnya lagi Ma. Oh ya gw ada usul, kenapa ngak loe aja yang duluan.

Me : Ha..ha..ha.. bercanda loe yang kemaren aja barusan berantakan. Nah elo tuch yang dah 6 tahun, keluarga dah sama-sama tau kan? (Iyud ngangguk) nah mo apalagi.

Iyud : dah dari gw pacaran 1 bulan juga gw dah kenal ma keluarga besarnya dia kali. Loe dibilangin ngak ada biaya. Nikahkan juga pake biaya. Eh pinjem telephone yach?

Me : Wallah dari tadi mo pinjem teleephone toch. Muter kemana2 basi ah.

Iyud : eh tapi cerita gw yang tadi beneran loh,

Me : iye...

Iyud : Passwordnya berapa?

Saya menyodorkan agenda tebal dan dia mulai berbisik2 seperti biasa sembari cekakak-cekikik, Dasar.

Lepas dari obrolan selintas diatas, kesimpulan saya Cuma satu, bagaimanapun juga sudahlah cowok dan cewek, perempuan dan lelaki itu beda. Jadi bagaimana mencari jalan tengah itu yang penting. Jadi ingat saya dan sepupu cowok saya (Mas Budi, Anto, dan yang lain) sering beda memandang suatu masalah, meski ngak jarang juga kita punya perspektif yang sama Cuma tetep cara nge handdle kita tetep beda. Jadi......

Thursday, May 11, 2006

-034. Rumah Sakit oh Rumah Sakit

Pernah nonton republik BBM? Program acara milik Indosiar, setiap senin jam 22.00 WIB. topik minggu depan adalah Orang sakit ngak boleh miskin, orang miskin ngak boleh sakit kurang lebih seperti itu. Mengungah ingatan saya pada kasus kecelakaan yang menimpa sepupu saya beberapa hari yang lalu. Ketika itu motor yang dikendarai sepupu saya itu ngak terkontrol & menabrak pot beton dijalanan sekitar daerah kemayoran. Hasilnya daging yang ada di daerah atas betisnya entah robek atau gimana pokoknya saat itu dia harus dibawa kerumah sakit & langsung ditangani. Aparat yang saat itu ada disekitar lokasi, untungnya bertindak dengan cepat & bu'de juga pa' de saya langsung ke rs terdekat dimana sepupu saya dibawa, beserta dengan temanya (ternyata ada seorang teman perempuannya yang membonceng- kondisinya seperti kebanyakan kecelakaan motor lebih parah, karena kakinya patah). Pa' De saya yang sampai lebih dulu beserta mantunya(karena langsung dari toko) langsung disuruh kebagian adm untuk melakukan pembayaran, kalau ingin sepupu saya segera ditangani. malam2 jam 09 lewat, hari sabtu pula, diminta uang sekitar 7 jutaan sebagai depe untuk operasi, karena ternyata luka saudara saya itu dekat dengan urat, bahaya kalau kelamaan (menurut dr.) bahaya. Pa' De saya mana tahan melihat anaknya menangis kesakitan tapi saat itu dia tidak memegang uang cash sebanyak itu, begitu juga mantu. Ada uang tapi di Bank dan memang dengan sengaja kedua orang tua sepupu saya itu tidak membuat atm untuk rekening tersebut. lagipula kalau harus cari atm buang waktu, tapi alhamdulilah ada uang sekitar 1 jt-an yang tidak sengaja dibawa oleh ayahnya dan dengan nego yang alot akhirnya mereka mau menangani saudara saya dengan surat jaminan bahwa bu'de & pa'de saya akan membayar 70% dari total biaya keseluruhanya besok pagi sebelum jam 10.
Saya hanya tercenung mendengar cerita kakaknya (santi), yang pagi2 sudah heboh berkeliling untuk mengambil tabungannya di ATM. Gimana kalau mereka orang yang ngak punya trus kecelakaan, kan bukan salah mereka kalau orang2 sekitar yang mengevakuasi mereka menaruh mereka di rs mahal kek gitu. Masa harus nanya dulu sama yg kecelekaan kamu punya uang ngak u biaya rs nah iya klo dia masih sadar klo pingsan? saya cuma ngak habis fikir. Sebegitu komersialkah rs sekarang ini. Pasti kisah Sayekti & Hanafi masih akan terus ada disekitar kita. Balik lagi ke Republik BBM yang mengusung topik itu, sepertinya nyaris benar tagline yang diambil untuk membahas ini. Jadi ingat celetukan ibu saya beberapa waktu lalu daripada bagi2in uang 300rb yang ngak jelas itu & banyak makan korban. kenapa ngak untuk ngasih jaminan untuk kesehatan masyarakat ngak mampu aja sich. Heh... entah lah, mana yang lebih baik, setelah melihat di berita2 dan kini hal itu ada di depan mata saya terjadi pada saudara dekat saya. untung mereka punya financial yang baik. tapi bagaimana dengan yang lain? benar-benar ngak ada yang gratis sekarang ini.

Friday, May 05, 2006

-033. Marah

Akhirnya rasa bosan yang bersemayam tak mau pergi, memuncak dan muncullah amarah.
Setelah amarah meledak yang tinggal sesal. Kini hanya ada rasa malu & ingin menangis.
Ya Rabb tolong bawa sedih ini tolong bawa semua penyakit hati ini,
tolong sembuhkan luka ini.
Rasanya sakit dan perih seperti luka lama yang kembali kambuh.
Rabb tolong bimbing hamba,
jangan kau biarkan hamba berdiri kebingungan,
terpasung penyakit hati yang menahun.
Rabb tempatkan rasanya ini pada tempatnya,
jangan kau biarkan terperosok pada asa yang salah.
Kepada Mu lah kuserahkan semuanya, kupasrahkan segalanya, kuikhlaskan seluruhnya.

-032. Si Pelupa yang Bosan

-No HP Again-
Mpok : Ya ampyun loe lagi banyak pikiran yach???
Me : Hah?
Uni : Nenek...again???
Teteh: Loe ngak bawa Hp lagi ci? Bener2 Pikun
Me : Gals plz.........
Mba D: Tanda nya loe harus beli HP satu lagi?
Me : Hah... ngaruh yach? lagian galak banget sich pada2 :(


Hiks... masih mending sich responnya dibanding beberapa waktu yang lalu ketika saya, lupa bawa HP & Payung. Padahal beberapa tahun yang lalu saya sangat membanggakan daya ingat saya yang memang dapat saya andalkan, beda banget dengan sekarang.
Semua nyaris Protes, karena HP sekarang memang sudah seperti barang vital yang hukumnya tidak boleh dilupakan bagi sebagian orang, termasuk teman2 saya diatas.
Tapi entahlah, hari memang membosankan dan sangat, sangat, sangat membosankan.
klik, klik, klik berkali2 browsing malah bete, mau menghabiskan lembar2 novel da vinci code males... entah mau apa saya ini. yang pasti saya bosan, saya jenuh dan akibatnya bad moody, duduk didepan komputer dengan kesal dan memasang senyum dipaksakan ketika orang2 lalulalang untuk turun makan siang ataupun sholat jum'at. Huh, ngak ada yang menarik sama sekali hari ini, menyebalkan :( karena sifat bosan saya muncul tiba2 dan membuat kepala pusing. Kalau saja saya tidak pelupa paling tidak harusnya ada hiburan lain HP saya tentunya. Huh... keluh...keluh & keluh.... lalu.... hah sudahlah.... jalani saja sisa hari dgn spirit yang ada, meski tertatih toh hari ini tetap harus saya jalani sampai selesai.
Semoga ada yang menarik setelah ini.

Wednesday, May 03, 2006

-031. Ulang Tahun

"Hi...." serempak saya, Mia, Nana dan Zy berteriak, cipika-cipiki say2 hello tanya kabar & kesibukan dimulai. Sudah lama memang kami ngak kumpul bareng, meski Ana dan Ponco ngak dateng toh tetep rame juga. wah duh penyakit lupa saya memang keterlaluan, saya lupa menyimpan no HP Ana yang baru. Saya meringis dalam hari, ketika mereka mulai membicarakan Ana maaf yach... saya hanya tersenyum dan mengeleng atau mengangguk, karena sebenarnya saya juga sedang bersitegang dengan diri saya sendiri, dasar pikun...
Sebenarnya saya, Zy dan Nana minggu lalu sudah ketemuan, cuma memang saat itu kapasitasnya membantu Nana yang lagi punya even, jualan hotel di radin dalam rangka konser tour asianya tiesto. Ya, jadi mang rada kurang santa, karena dia lagi pusing. Dan pertemuan kali ini pun tidak seperti biasa, karena niat Zy yang mau mengurangi ketergantungannya terhadap kafein, maka tempat pertemuan kami yang biasa disebuah restoran kopi pun bergeser kesampingnya, yang menampilkan pizza & sejumlah makanan itali sebagai menu utama.
Kali ini saya yang meminta maaf dalam hati pada mereka, karena selain janji ketemuan & kangen2an saya juga punya janji dengan Uni yang ingin mengambil novel Harper Lee yang saya beli kemarin, untuk mencxl janji saya dengan Uni, saya juga ngak tega, walau janji dengan Uni sebenarnya juga baru tercetus setelah jam makan siang melalui chat di G-talker. mereka semua mulai bercerita dengan heboh, sementara saya sembari memilih menu, melirik terus ke HP, kemana si Uni yach? saya mulai khawatir, karena Uni memang sering misdirection.
Setelah menunggu beberapa lama akhirnya Uni telephone dengan nada bingungnya seperti biasa, sehingga saya harus keluar & memastikan kalau dia benar2 tidak salah dan sudah sampai. Akhirnya, tapi manaenak situasi seperti ini, membiarkan Uni ngak nyaman juga ngak enak, akhirnya saya pamitan untuk pulang dan disambit eh disambut dengan protes ketiga perempuan yang duduk didepan saya, saya meringis minta maaf sembari memberikan uang untuk makanan saya, tapi serempak mereka berteriak " Mia kok yang traktir, jahat loe Mia kan Ultah...."
"Masa.... bohong.... dia kan may ah udah deh... ya udah bulan depan ketemuan lagi dech tapi harus lengkap sama Ponco, gw yang bayar dech untuk yang besok." saya menarik tas saya yang ditahan Nana. "pls..."

"Wah loe Ultah bulan depan?sik..." Nana melepas tas saya tapi Mia masih menahan buku Dan Brown saya.

"Mang harus Ultah yach baru makan2 mang apa pentingnya Ultah sich... eh sorry ya Mi... Ultah gw dah lewat tau, jangan buat malu ah, Ultah itu bagi gw cuma semacam allert untuk ngingetin kalau gw dah tambah tua, kalau gw masih blom jadi apa2 kalau gw...aug ah... Mi..pls..." Mia menyeringai sembari memberikan buku saya.

" Ultahnya dah lewat, dah tau jgn sewot donk." Zy menyeringai juga melihat saya yang sudah mulai sebal. "Dah Mi... biarin aja, tapi bener yach?" Saya menganguk dan berlalu bersama Uni.

Ulang Tahun, bagi saya merupakan titik dimana saya harus flashback dan membenahi diri untuk menjadi lebih baik. Pernah dulu saya lupa kan tapi pastinya dulu sekali, saya pernah menjadikan hari ultah saya untuk mengukur kepedulian orang terhadap saya, semakin banyak yang mengucapkan Happy Birthday atau selamat Ulang Tahun maka semakin banyak yang sayang pada saya. Sekarang ini saya justru merasa risih, entahlah mungkin karena pertambahan umur yang ingin saya hindari, tapi ngak bisa. Tapi ngak salah juga kelalukuan saya dimasa lalu, paling tidak semakin banyak yang memberi ucapan selamat, berarti bukannya banyak do'a untuk saya. Yach mungkin semakin saya tua sudut pandang saya terhadap satu hal akan bergeser.

Tapi setiap orang bisa berbeda2 dalam memaknai Ulang tahun mereka, tentunya selain menyadari kalau umur mereka bertambah. Saya jadi ingat pada seorang teman saya yang mengeluh tentang suaminya yang sudah lupa Ultahnya di usia pernikahan mereka yang baru memasuki tahun ke-2, padahal ketika mereka masih pacaran dulu dia tak pernah lupa, makan malam bersama kado cantik dan ucapan yang diselipi do'a. Mengingat raut wajahnya saat itu saya hanya dapat diam. Jadi ingat saya mungkin pernah tapi saya lupa, yang jelas teman2 saya yang ngamuk2 kalau saya bilang "Oh iya lupa kamu ultah yach Happy..." kan sudah sewajarnya karena saya memang pelupa, tapi teman saya langsung menuduh saya tidak perhatian, ngak sensitif, ngak ini & itu.... padahal kan ngak juga, duh jangan mukul rata semua orang donk... :P. temans kalau saya pakai kata lupa itu memang saya pelupa tapi bukan berarti saya bener2 ngak ingat kapan Ultah kalian, saya inget tapi mungkin pas kebeneran aja pas hari H saya lupa... maaf yach.... :P